DP3AK Provinsi Jatim

Sambutan

adminDP3AK1

Selamat Datang di website resmi Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur.

Kita ketahui bersama bahwa Provinsi Jawa Timur telah mempunyai kepala daerah yang baru yang sangat komitmen membangun Jawa Timur. Semoga dengan kepemimpinannya Provinsi Jawa Timur diharapkan dapat menjadi lebih baik, sejahtera, berkeadilan dan mandiri serta responsif gender.

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Kependudukan (DP3AK) Jawa Timur di tahun ini menyelaraskan prioritas kerja dengan nawa bhakti yang diusung kepala daerah yang baru, salah satunya mewujudkan Jatim Sejahtera.  Cara mewujudkan Jatim Sejahtera yakni dengan menggalakkan Program Keluarga Harapan (PKH) Plus untuk penduduk miskin di 38 kabupaten/kota, 664 kecamatan, 5.674 desa, dan 2.827 kelurahan. Disabilitas, lansia terlantar, dan perempuan kepala keluarga rentan. Kemudian mengurangi beban 26 Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dengan subsidi provinsi anggaran ini akan meningkat mengikuti peningkatan pendapatan APBD provinsi. Program perempuan keluarga rentan ini sangat selaras dengan DP3AK Jawa Timur.

Adapun skala program prioritas DP3AK Jawa Timur tahun ini antara lain pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, pengendalian penduduk dan keluarga berencana, serta administrasi kependudukan dan catatan sipil.

Program pemberdayaan perempuan diwujudkan dengan mengakhiri kesenjangan ekonomi dan politik. Sedangkan program perlindungan perempuan dan anak dilakukan dengan mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, serta perdagangan orang. Selanjutnya untuk program pengendalian penduduk dan keluarga berencana, mengarah pada edukasi pembinaan kepada remaja mengingat masih tingginya angka pernikahan dini di Provinsi Jawa Timur.

Kita harus mampu melakukan pembinaan dan pendampingan kepada kabupaten/kota untuk menyelesaikan isu-isu strategis tersebut diatas. Dan juga ikut membantu menyelesaikan kesenjangan peran perempuan dalam bidang ekonomi maupun politik.

SDM di DP3AK juga harus konsentrasi dengan tupoksi masing-masing dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang berangkat dari data. Jadi setiap kegiatan yang dilakukan berdasarkan data yang ada sehingga lebih tepat sasaran.

Semoga kehadiran website ini dapat memberikan informasi lengkap tentang kegiatan dari DP3AK Jawa Timur, isu seputar gender, serta pemberdayaan dan perlindungan perempuan dan anak. Website ini sekaligus dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Dr. Rahayu, SH, MSi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur.