DP3AK Provinsi Jatim
Berita Headline

Pentingnya Edukasi Penggunaan Internet Secara Sehat Bagi Anak

Ilustrasi

Surabaya – Pesatnya perkembangan dunia teknologi informasi saat ini, belum dibarengi dengan adanya pemahaman terhadap penggunaan internet secara sehat, khususnya bagi pengguna internet di kalangan anak-anak.

Diungkapkan Dr. Rahayu, SH, MSi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Kependudukan (DP3AK) Provinsi Jawa Timur, penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari tak bisa dihindari. Internet memiliki dua sisi, positif dan negatif.

“Kalau niatnya baik maka akan memberikan hal positif, sebaliknya kalau niatnya sudah jelek maka yang didapat tentu saja keburukan,” ujarnya.

Setiap orang tua, lanjutnya, pasti menginginkan anaknya tidak terjebak ke dalam dunia internet yang cenderung merugikan. Oleh karena itu para orang tua hendaknya mengawasi aktivitas anak dalam berinternet.

“Kewaspadaan terhadap segala kegiatan anak dalam berselancar di dunia maya menjadi penting dikarenakan sangat beragamnya informasi yang hadir terutama informasi-informasi negatif,” tegasnya.

Informasi negatif tersebut, kata dia, tidak bisa dicegah namun hanya bisa menyaringnya, baik itu dengan mengingatkan anak ataupun dengan memasang software pengaman di komputer.

“Berangkat dari fenomena tersebut, kami secara berkala mengadakan kegiatan berupa pembinaan maupun edukasi penggunaan internet secara sehat bagi anak,” ujarnya.

Kegiatan tersebut tak hanya menyasar orang tua dan anak, tetapi juga guru sebagai orang tua kedua bagi anak saat di sekolah.

“Para orang tua dan guru harus cerdas dalam memberikan pendidikan internet sehat kepada anak. Salah satu cara yang baik dalam menanamkan pendidikan internet sehat kepada anak adalah dengan memberikan pemahaman yang baik kepada anak agar mereka paham saat mengakses internet,” simpulnya. (rur)

Terkait