DP3AK Provinsi Jatim
Berita Berita Media Galeri Kegiatan Headline

Pemprov Jatim Minta Dispendukcapil Selesaikan Masalah Administrasi Kependudukan

Pemerintah provinsi meminta Dinas Kependudukan dan catatan sipil (Dispendukcapil) se-kabupaten/kota di Jawa Timur (Jatim), terus melakukan koordinasi dan sinergitas untuk menyelesaikan dan mewujudkan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA).

“Dengan adanya sinergitas tersebut akan membuat kemajuan, begitu juga dengan sinergitas bisa melakukan evaluasi. Sehingga masalah administrasi kependudukan sekecil atau sebesar apapun bisa diselesaikan” ujar Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Masyarakat Jatim Supriyanto.

Pesan Sekdaprov Jatim tersebut disampaikan Supriyanto saat membuka sosialisasi dan Rakor tentang kependudukan, yang digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan kependudukan (DP3K) Jatim di Surabaya, Rabu (30/1).

Menurut dia, GISA adalah sebuah gerakan untuk membangun ekosistem pemerintahan yang sadar akan pentingnya administrasi kependudukan.

Dijelaskan, kesadaran tersebut ditunjukkan dengan 4 hal, yakni kesadaran akan pentingnya dokumen kependudukan, pentingnya pemanfaatan data kependudukan, pentingnya pemutakhiran data kependudukan, dan pentingnya pelayanan administrasi kependudukan yang membahagiakan rakyat.

“Oleh karena itu, Dispendukcapil diminta terus meningkatkan pelayanan prima terhadap administrasi kependudukan, sehingga masyarakat juga tertib administrasi,” ujarnya.

Selain itu lanjut Supriyanto, dengan akan digelarnya Pemilu pada 17 April mendatang, Dispendukcapil diminta segera menyelesaikan perekaman KTP elektronik (e-KTP), dan juga masalah pemilih ganda.

“Saya melihat saat ini di Jatim masih ditemukan masalah ada orang meninggal masih masuk data base, kemudian ada masalah KTP ganda,” ungkapnya.

Untuk itu pihaknya mengharapkan agar Dispendukcapil melakukan jemput bola atau mendatangi masyarakat terkait penyelesaian tersebut. Sehingga saat Pemilu tidak ada lagi masalah.

Sementara itu Kepala Dinas DP3K Rahayu Nisa mengatakan, GISA bertujuan agar masyarakat tertib administrasi. Gerakan itu juga diharapkan memberikan manfaat, seperti memberikan kejelasan dan status kependudukan, kepastian hukum, perlindungan hukum dan kenyamanan bagi pemiliknya.

“Kami berharap masyarakat semakin sadar akan pentingnya administrasi kependudukan dan petugas Dispendukcapil akan memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat,” ungkapnya.

Terkait