DP3AK Provinsi Jatim
Berita Berita Media Headline

KPPA – DP3AK Jatim Gelar Diskusi Publik Bebas HIV/AIDS

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) bersama Dinas Perlindungan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Kependudukan (DP3AK) Jawa Timur menggelar diskusi publik bertajuk “Kilau Generasi Bebas HIV dan AIDS” di Hotel Utami Sidoarjo, Senin (24/9).

Asisten Deputi Perlindungan Anak dalam Situasi Darurat dan Pornografi KPPA, Dermawan mengatakan sosialisasi dan edukasi mengenai bahaya HIV/AIDS perlu dilakukan terutama di kalangan generasi muda. Selain itu, pemahaman menghadapi Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) juga sangat penting agar tidak terjadi diskriminasi di lingkungan masyarakat.

“Kami terus berupaya untuk menekan angka penderita HIV/AIDS usia anak. Kali ini kami mengajak Forum Anak Sidoarjo (Formana) Sidoarjo dan sejumlah pihak untuk berdiskusi bersama,” katanya.

Kepala Dinas KPPA Jawa Timur, Herwanto menambahkan pihaknya mendukung dan mengepresiasi acara Diskusi Publik Bebas HIV/AIDS. Pengetahuan yang mendalam terkait HIV/AIDS sangat penting untuk diketahui secara luas.

“Seluruh peserta diskusi publik harus menjadi agen informasi HIV/AIDS di lingkungan sekitarnya. Apabila ini dilakukan dan masyarakat semakin paham mengenai bahaya virus HIV, kami yakin secara perlahan bisa menekan angka HIV/AIDS,” tandasnya.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) per Desember 2017 menyebut lebih dari 240 ribu kasus HI/AIDS terjadi di Indonesia. Di Jawa Timur, HIV sebanyak 30 ribu dan AIDS sebanyak 16 ribu. Penyebab tertinggi dari HIV/AIDS adalah karena hubungan heteroseksual, dengan pengidap laki-laki sebanyak 65% dan perempuan 35%.

Terkait