DP3AK Provinsi Jatim
Berita Headline

DP3AK Jatim Gelar Sosialisasi Peran Perempuan Tanggulangi PTM

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3K) Jawa Timur menggelar sosialisasi peran perempuan dalam menanggulangi Penyakit Tidak Menular (PTM), Selasa, (4/9).

Asisten Deputi Bidang Kesetaraan Gender KPPA, Budi Mardaya, mengatakan peran perempuan dalam upaya promotif – preventif sangat diperlukan, utamanya untuk mengantisipasi segala macam jenis PTM. Menurutnya, perempuan di keluarga dapat menggerakkan anggota keluarga lainnya untuk menerapkan gaya hidup sehat.

“Sosialisasi ini menjadi awal untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar berperilaku hidup sehat seperti mengonsumsi sayur dan buah, berolahraga secara teratur dan rutin melakukan cek kesehatan,” kata Budi.

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan DP3K Jatim, Rochendah Soetarmiati, mengatakan pihaknya sengaja mengundang 32 peserta lintas sektor. Masing-masing peserta akan merumuskan langkah konkret untuk dilakukan secara bersama-sama di masyarakat.

“Ada sebanyak 32 peserta yang terdiri dari berbagai dinas, elemen masyarakat, dan komunitas-komunitas. Kami yakin peserta sosialisasi akan menjadi agen di lingkungannya masing-masing untuk menerapkan gaya hidup sehat agar terhindar dari PTM,” tandasnya.

Selain Asisten Deputi Bidang Kesetaraan Gender KPPA, Budi Mardaya, narasumber lain yang diundang dalam kesempatan ini yaitu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Kohar Hari Santoso dan Pakar Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Profesor Ernanti Wahyurini.

Terkait